Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Setelah mengumpulkan berbagai makanan selama di kelas Ulat, hari ini saya mencoba menilik kembali peta belajar dan mendaftar kembali makana...

Refleksi Belajar

Setelah mengumpulkan berbagai makanan selama di kelas Ulat, hari ini saya mencoba menilik kembali peta belajar dan mendaftar kembali makanan apa saja yang sudah saya dapatkan. Cukup takjub karena dengan berbekal peta belajar, alhamdulillah proses belajar dan mengumpulkan makanan sangat on track. Dua topik yang saya prioritaskan untuk dipelajari sudah berhasil menemukan jalan terangnya. Berikut ini adalah gambaran makanan utama yang sudah saya peroleh selama beberapa minggu berkelana.




  1. Makanan yang sudah diperoleh sangat sesuai dengan kebutuhan. Ada 2 cabang peta belajar yang sedang menjadi fokus belajar saya, yaitu: MANAJEMEN KEUANGAN dan MANAJEMEN GADGET.
  2. Makanan utama lebih banyak saya dapatkan karena fokus pada peta belajar. Salah satu makanan yang saya dapatkan, yaitu mengatasi "tsunami" informasi berhasil membuat saya fokus pada target. Selain itu mantra "menarik tapi tidak tertarik" cukup membuat saya menahan diri pada hal yang penting dulu.
  3. Kebahagiaan belajar di hutan belajar saya dapatkan karena kita dapat memilah sendiri mana-mana yang dibutuhkan. Kejutan-kejutan tak terduga seringkali muncul dari teman-teman lain.
  4. Strategi belajar yang saya anggap berhasil adalah dengan tetap fokus pada peta belajar, serta mencari sebanyak mungkin "ulat" sejenis, yang sedang mencari jenis makanan sama.
  5. Semangat belajar dan kemampuan mengatur waktu menjadi 2 hal yang perlu saya tingkatkan. Masih ada 2 topik yang harus saya pelajari berdasarkan peta tersebut.

#janganlupabahagia
#jurnalminggu7
#materi7
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

0 comment(s):