Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Malam kemarin sepulang kantor saya merasa energi terkuras habis. Alhamdulillah tidak sampai harus membawa pekerjaan kantor ke rumah. Meski...

Family Project Status: Temporary Hiatus


Malam kemarin sepulang kantor saya merasa energi terkuras habis. Alhamdulillah tidak sampai harus membawa pekerjaan kantor ke rumah. Meskipun demikian, saya tidak dapat menjalankan proyek bersama Si Kecil Fatha.

Akhirnya saya putuskan untuk hanya menemani Fatha bermain, membiarkannya mengambil alih kendali tanpa menuntunnya harus melakukan apa-apa. Jadi situasinya mengalir sesuai keinginan Fatha.

Dan inilah yang terjadi.

PicsArt_11-14-03.57.23-01

Fatha sudah asyik bermain-main dengan tempat sampahnya. Yang membuat saya takjub, ia sudah cukup mengerti bagaimana strategi memanjat, yaitu dengan membalik tempat sampah dan menaikinya secara hati-hati dengan berpegangan pada pintu kulkas. Masya Allah. Ia penasaran dengan pintu kulkas bagian atas a.k.a freezer yang dia rasa sejuknya maksimal. Tiap saya membuka pintunya dan Fatha sedang berada persis di bawah, ia akan berkomentar,

"Dingin," sambil merentangkan tangan ke atas, minta digendong dan menyentuh ice gel, es batu, botol ASIP, atau bahan makanan lain.

Kali ini sepertinya ia ingin mencoba membuka sendiri pintu freezer. Saya menanyakan apa maksudnya memanjat tempat sampah dan Fatha menjawab dengan senyuman dan cengiran. Saya menjelaskan bahwa aktivitasnya ini cukup berbahaya karena plastik tempat sampah cukup licin dan tidak cukup kokoh untuk dinaiki. Saya mengalihkannya dengan mengajaknya ke ruang tamu.

Selanjutnya Fatha mulai mengeluarkan building blocks kesayangannya. Sepertinya saat ini mainan tersebut sedang menjadi mainan favoritnya.

20181112_201029-01

Fatha asyik memadukan beberapa potong mainan selama beberapa saat hingga akhirnya meminta saya untuk duduk di belakangnya. Ia tampak seru menggabungkan 2-3 potong building blocks, membongkarnya, memasangnya kembali, mengeluarkan seluruh kepingan dari wadahnya ke lantai, hingga akhirnya mengembalikannya ke dalam kotaknya lagi.

20181112_201433-01

Yang membuat saya bahagia, semua ini ia lakukan tanpa instruksi, alhamdulillah :)

Saya mengucapkan terima kasih pada Fatha karena pencapaian yang ia lakukan hari itu. Plus kecupan sayang di dahi dan pelukan untuknya.

Terima kasih Nak :)

#Hari11
#Tantangan10hari
#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam

4 comments:

  1. Alhamdulillaah kakak Fatha hebat....sudah bisa berkreasi dengan mainannya sendiri...sudah belajar melakukan "proses" bermain dengan baik sampai merapikan mainannya kembali setelah selesai...

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah Yah.. masih naik turun semangatnya, tapi Ibu percaya Kak Fatha bisa. Yeay!

    ReplyDelete
  3. […] tantangan. Saat Ibu tidak menuruti keinginannya untuk membukakan pintu kulkas, misalnya, ia mencari cara agar dapat mengakses isi lemari pendingin […]

    ReplyDelete
  4. […] Fatha begitu menjiwai kegiatan ini karena sudah sering ia lakukan. Cerita tentang merapikan mainan sebagai salah satu proyek keluarga kami bisa disimak di sini dan sini. […]

    ReplyDelete