Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Anak perlu diajari melalui keteladanan, bukan hanya dengan ucapan. Akhir-akhir ini saya menyadari bahwa Fatha makin senang menirukan apa...

Rumah Rapi Day #5

Anak perlu diajari melalui keteladanan, bukan hanya dengan ucapan.

Akhir-akhir ini saya menyadari bahwa Fatha makin senang menirukan apa yang saya ucapkan atau lakukan. Termasuk "kenakalan" yang tanpa sadar saya lakukan seperti mencolek dan menjilat sisa lelehan madu di mulut botolnya. Ups..

Tapi salah satu keteladanan yang berhasil dicontoh uti adalah kesukaannya menyapu dan mengepel lantai. Meskipun tentu saja hasilnya masih jauh dari kata bersih, minatnya untuk mampu melakukan sendiri aktivitas yang biasa dikerjakan orang dewasa perlu kami berikan apresiasi.

Fatha sudah menunjukkan inisiatif yang baik saat kemarin pagi Uti menggunakan sapu panjang untuk membersihkan sarang laba-laba di langit-langit. Setelah mengamati dengan seksama, ia mengambil sapu ijuk dan menirukan gerakan Uti.

Uti melihat kelakuan Fatha dan tertawa geli. Saya yang mengamati mereka berdua kemudian menyampaikan pada Fatha perbedaan fungsi masing-masing sapu tadi.

"Sapu yang gagangnya panjang ini digunakan untuk menjangkau kotoran jauh di atas sana, Nak. Sedangkan yang gagangnya pendek ini untuk menyapu lantai."

Selanjutnya, Fatha melanjutkan menyapu sesuai arahan yang sudah diberikan. Hehehe..



20181109_070627-01

#Hari7
#Tantangan10hari
#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam


0 comment(s):