Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Belajar mengatur keuangan bukan hanya tugas Ibu. Fatha mulai ikut mempelajari hal ini melalui tantangan level 8. Memahami konsep bahwa ...

Aliran Rasa: Mengasah Kecerdasan Finansial Balita


Belajar mengatur keuangan bukan hanya tugas Ibu. Fatha mulai ikut mempelajari hal ini melalui tantangan level 8. Memahami konsep bahwa rejeki dari Allah tidak melulu berupa uang adalah salah satunya. Misalnya, rejeki berupa waktu luang untuk bisa berkumpul bersama keluarga.

Hal lain yang juga dipelajari Fatha adalah belajar membedakan kebutuhan dan keinginan. Belajar menentukan prioritas mana yang akan ia pilih untuk lebih dulu dicapai, contohnya. Saat ini Fatha sedang berusaha mengumpulkan uang dalam tabungan untuk membeli sepeda idaman.

Alhamdulillah sampai dengan tantangan berakhir, ia masih semangat menabung. Perkiraan Ibu, setelah Idul Fitri Fatha sudah bisa mewujudkan cita-citanya mengayuh sendiri sepeda barunya. InsyaAllah.


Ibu juga belajar banyak dari kegiatan menabung Fatha. Mengelompokkan pengeluaran ke dalam 3 kategori: spend, save, dan share sudah diadaptasi Ibu dalam kehidupan sehari-hari. 

Sebelum Fatha lahir, Ayah Fatha sudah mengajari Ibu membuat pos-pos pengeluaran agar bisa mengelola keuangan dengan baik. Kami menggunakan file folder dengan beberapa sekat partisi.

Saat hamil Fatha, prioritas kami adalah keempat pos tersebut. Meskipun pada akhirnya stroller tidak jadi dibeli karena digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih penting :)

Prioritas pos pengeluaran setelah Fatha lahir

Alhamdulillah, sejak memperoleh asupan materi mengenai pengelolaan keuangan dari level 8, kami kembali berbenah dan belajar konsisten mengatur pemasukan dan pengeluaran. Bukankah teladan dari orang tua adalah cara belajar paling baik buat Si Kecil? :)

#AliranRasa
#Level8
#Bunsay4
#KuliahBunsayIIP
#CerdasFinansial
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah semnagat ya fatta
    Semoga Ibu istiqomah menjalankan cerdas finansial

    ReplyDelete