Masih melanjutkan tema minggu sebelumnya mengenai
merdeka belajar, kali ini gambaran proses pembelajaran mulai terlihat nyata. Melalui peta pikiran alias
MindMap, kami diminta membuat peta belajar berdasarkan hasil identifikasi pada telur oranye lalu.
Dicontohkan oleh Pak Dodik, narasumber kami pada pekan keempat, bahwa MindMap dapat disusun berdasarkan topik-topik besar yang ingin kami pelajari. Dari masing-masing topik besar itu, diidentifikasi lagi subtopik apa saja yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran pada topik besar. Gambarannya kurang lebih seperti pada gambar di bawah ini.
Kali ini saya membuat Proyek Belajar berjudul
"Raennita's Personal Productivity 101". Tujuan pembelajaran yang direncanakan akan dilakukan adalah sebagai berikut:
- On track pada jadwal yang sudah dibuat dan disepakati
- Menjadi lebih produktif dan efektif dalam beraktivitas
- Membuat cashflow keuangan lebih positif
- Terampil menggunakan gawai
- Saat harus mendelegasikan Si Kecil pada orang lain, delegator dapat memahami dengan baik instruksi yang diberikan
Berikut adalah Peta Belajar yang kemudian saya susun.
Ada 4 topik utama yang saya fokuskan untuk dipelajari, yaitu Manajemen Waktu, Manajemen Gawai, Komunikasi Produktif, serta Manajemen dan Perencanaan Keuangan. Masing-masing topik ini kemudian dijabarkan kembali menjadi subtopik sebagai berikut:
- Manajemen Waktu:
- Menyusun daftar kegiatan
- Analisis waktu
- Menyusun kandang waktu
- Refleksi
- Bullet Journalling
- Evaluasi
- Manajemen Gawai:
- Tujuan penggunaan
- Time scheduling
- Gawai untuk produktivitas
- Manajemen aplikasi
- Komunikasi Produktif:
- Kaidah komunikasi produktif
- Komunikasi efektif
- Strategi komunikasi produktif
- Praktek
- Evaluasi
- Manajemen dan Perencanaan Keuangan:
- Evaluasi cashflow
- Identifikasi pos pengeluaran
- Tracking
- Evaluasi
#janganlupabahagia
#jurnalminggu4
#materi4
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional
0 comment(s):