Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Merdeka dalam belajar berarti kita sebagai siswa harus mampu menemukan tujuan belajarnya sendiri secara mandiri. Komitmen pada tujuan haru...

Menemukan Cara Belajar melalui Telur-telur Oranye

Merdeka dalam belajar berarti kita sebagai siswa harus mampu menemukan tujuan belajarnya sendiri secara mandiri. Komitmen pada tujuan harus selalu dipupuk untuk menjaga semangat belajar tetap menyala. Setelah itu, kita dapat mengidentifikasi ilmu apa yang diperlukan untuk dapat menguasai keterampilan yang sudah ditargetkan pada telur merah yang lalu. Mandiri juga diperlukan dalam menentukan sendiri gaya belajar apa yang paling cocok untuk kita. Setelahnya, refleksi diri diperlukan untuk mengevaluasi apakah perubahan sudah terjadi pada kita sebagai pembelajar.

Tugas kami pada pekan ketiga ini adalah menemukan ilmu apa saja yang diperlukan termasuk bagaimana cara menjemput ilmu yang paling "gue banget". Supaya lebih mudah, kita bisa menggunakan template di bawah ini.



Di bawah ini adalah hasil pencarian saya mengenai cara belajar dan identifikasi ilmu yang dibutuhkan untuk dipelajari:


Tujuan belajar sebelumnya telah saya singgung pada pembahasan tentang telur merah lalu. Dari situ kemudian dapat ditentukan ilmu apa saja yang perlu saya pelajari:
  • Manajemen Waktu
  • Manajemen Gawai
  • Manajemen dan Perencanaan Keuangan
  • Komunikasi Produktif.
Saat ini ada banyak sekali sumber ilmu yang dapat ditemukan, mulai dari buku, artikel ilmiah, seminar, kulwap, bahkan podcast sekalipun. Untuk itu saya akan memilih cara belajar yang memudahkan saya di tengah waktu bekerja. Ketika ada waktu di luar jam kerja, saya dapat mengikuti seminar atau kulwap. Pun ketika sudah menemukan bahan bacaan yang tepat, saya dapat segera mengeksekusi bacaan tersebut. Nah, jika harus mengerjakan tugas rutin, alih-alih mendengarkan musik, saya dapat memilih podcast yang tepat untuk dapat didengarkan secara multitasking.


#janganlupabahagia
#jurnalminggu3
#materi3
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

0 comment(s):