Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Salah satu proyek keluarga yang cukup konsisten kami kerjakan hingga sepekan berturut-turut adalah proyek merimbunkan Pohon Literasi. Ada ...

Stimulasi Anak Suka Membaca Day #5


Salah satu proyek keluarga yang cukup konsisten kami kerjakan hingga sepekan berturut-turut adalah proyek merimbunkan Pohon Literasi. Ada banyak hikmah yang kami dapatkan.

Saya merasa waktu kontak dengan gawai, terutama saat di rumah, makin berkurang. Waktu lebih baik dihabiskan dengan membaca buku. Fatha juga makin jarang protes dengan gawai saya. Ayah Fatha pun tak disangka-sangka berhasil menaklukkan tantangan membaca ini.

Pohon Literasi makin terlihat berwujud "pohon"





Hari ini Fatha memilih sendiri Buku bacaannya. Ia menurunkan salah satu buku saya dari rak dengan berucap, "berat". Saya terkejut melihatnya menggotong "Visual Dictionary" setebal 600 halaman lebih seorang diri.

Visual Dictionary, saya dapatkan dari sebuah toko buku saat bertugas sekitar tujuh tahun lalu



Fatha meminta saya membuka halaman yang memperlihatkan gambar sepeda. Ia mengamati baik-baik dan saya menunjukkan satu persatu bagian-bagian kendaraan tersebut. Mulai dari roda dan ban sepeda, sadel, pedal, hingga setang.

Fatha sedang membandingkan bentuk sepeda di gambar dengan sepeda milik Om Adit dalam ingatannya



Tak berapa lama Fatha sudah membolak-balik halaman dan saya ajak ia memperhatikan bentuk kendaraan lainnya, yaitu mobil. Fatha membandingkan gambar mobil pada buku dengan mainan mobil-mobilannya.

Mobil balap vs. SUV



Horee.. hari ini Fatha berhasil mendapat dua helai daun karena berhasil memperhatikan dua tema pada buku tebal Ibu.

Ayah hari ini sukses menyelesaikan satu bab lagi Buku "Ayah Edy Punya Cerita". Bab kedelapan ini bercerita mengenai gejala on dan off pada anak.

Apakah itu?

Gejala on off merupakan sikap anak-anak yang berbeda saat di rumah dan di lingkungan luar rumah. Bisa jadi ia aktif di rumah dan pasif saat di luar, atau sebaliknya.

Munculnya gejala ini bisa jadi dipengaruhi oleh perbedaan sikap orang tua dalam memperlakukan anak-anaknya. Misalkan ayah cenderung keras sedangkan ibu lembut. Termasuk perbedaan kesepakatan ayah dan ibu saat menghadapi Si Kecil. Sangat penting bagi ayah dan ibu untuk sepakat tidak ada yang membela anak ketika ia berbuat salah.


Oleh-oleh Ayah untuk Ibu pada trip kali ini adalah resensi buku





Ibu berhasil menamatkan Buku "Asyiknya Mendongeng: dari Nol sampai Mahir" karya Kak Adin. Berbeda dari buku tentang presentasi kemarin, buku ini lebih banyak menuturkan teori. Jadi membaca buku ini seperti membaca pelajaran Bahasa Indonesia mengenai Dongeng. Kabar baiknya, saya jadi lebih percaya diri mendongeng untuk Fatha dengan ide yang random karena menurut buku ini, mendongeng itu mudah. Jadi semangat ingin mengasah kemampuan berkisah dan mendongeng untuk Si Kecil.



Salah satu "text book" favorit Ibu


Oh ya, mengenai dongeng dan kisah ini, saya pernah membaca dari sumber yang saya sudah lupa, bahwa dongeng bisa "menyesatkan" karena bisa jadi nilai yang ditanamkan kurang sesuai. Misalkan dongeng "kancil mencuri mentimun". Lebih baik berkisah mengenai sejarah atau sirah nabi.

Saya tidak sepenuhnya setuju dengan pendapat di atas. Dongeng jika dikemas dengan baik, mengajarkan pada anak value yang diharapkan dimiliki keluarga justru akan lebih mudah dicerna daripada sekadar memerintah.

Tapi semua kembali pada pilihan masing-masing, bukan?

Ps: bloopers from today's challenge

Fatha menirukan ekspresi Kak Adin di sampul buku. Ibu sempat bingung beberapa saat. "ngapain kamu, Nang?" :p



#HariKe6
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

4 comments:

  1. MasyaAllah...Fatha perkembangannya alhamdulillaah pesat... kangennya jadi sedikit terobati dengan mengetahui kemajuannya beberapa Hari ini...😍

    ReplyDelete
  2. Masya Allah tabarokalloh.. Ayah tetap semangat kerjanya ya~
    Fatha tadi sebelum tidur sempat ngabsen, Ayah sedang apa :p

    ReplyDelete
  3. Bukunya sangat menarik mbak Nita... nanti bisa sharing ya fi kelas saat tema mendongeng...

    ReplyDelete
  4. Wah..maturnuwun, insyaAllah nanti dishare buat teman-teman ya Mbak Sindu..

    ReplyDelete