Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Hari keempat belas proyek membaca, Ibu meminjam buku milik Ayah Fatha mengenai tips fotografi menggunakan kamera ponsel. Sebenarnya buku ini...

Stimulasi Anak Suka Membaca Day #14

Hari keempat belas proyek membaca, Ibu meminjam buku milik Ayah Fatha mengenai tips fotografi menggunakan kamera ponsel. Sebenarnya buku ini merupakan hadiah ulang tahun Ibu untuk Ayah, tapi tak ada salahnya Ibu baca duluan ya. Ehehehe..

Jadi buku ini merupakan karya salah satu pengguna akun instagram yang Ibu follow, Mbak Ariana. Melihat postingan foto-fotonya sejak lama, memang nyaris tidak percaya bahwa foto-foto yang ia unggah pada akun tersebut merupakan hasil jepretan dengan kamera ponsel.

Bahagianya saat membaca buku ini, ada banyak tips dan langkah-langkah untuk membuat foto secantik foto Mbak Ariana.

Secara garis besar, langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil jepretan yang berkualitas menurut Mbak Ariana adalah:

  1. Kenali ponsel kita sendiri. Tak perlu ponsel yang mahal, selama kita sudah menguasai dasar menggunakannya, sudah cukup untuk memperoleh foto yang bisa mewarnai feed instagram kita. Berbeda jika foto yang dibutuhkan harus dalam kualitas pixel yang besar (misal untuk dicetak dalam bentuk spanduk atau banner), tak ada salahnya berinvestasi untuk sebuah kamera dengan lensa fix. 
  2. Berlatih memotret satu objek dengan sudut dan posisi yang berbeda. Hal ini akan menambah jam terbang kita sekaligus menambah kepekaan terhadap objek yang akan difoto.
  3. Menggunakan pencahayaan alami dari sinar matahari misalnya, dapat dibantu dengan diffuser berupa cermin. Memotret makanan atau produk di rumah, sebaiknya tidak dilakukan di dalam ruangan. Kita bisa menggunakan lokasi teras karena sinar matahari cukup bisa didapatkan, namun tidak terlalu banyak seperti di halaman karena dapat menyebabkan over exposure.
  4. Mengikuti beberapa kaidah dalam teknik fotografi seperti rule of third (mengenai bagaimana meletakkan objek pada bidang gambar). Bahasan mengenai hal ini sudah bisa ditemukan lewat google.
  5. Belajar mengenai sudut pengambilan gambar, semisal bird eye view (BEV) atau flat lay, eye level, maupun 45 derajat.
  6. Belajar beberapa aplikasi editing untuk mempercantik foto yang sudah dihasilkan. Meskipun kamera kita belum memiliki fitur yang membuat latar belakang gambar terlihat blur, dengan aplikasi yang tepat, foto bisa terlihat seakan-akan diambil dengan menggunakan kamera DSLR dengan lensa fix.
Setelah membaca buku ini, rasanya ingin segera berlatih dan mempraktekkan ilmu dari Mbak Ariana :)


#HariKe15
#GameLevel5 
#Tantangan10Hari 
#KuliahBunsayIIP 
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

2 comments:

  1. Menarik ini, ayo mbak nita praktekin, nanti klo sudah berhasil bisa berbagi di kelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah besok Ahad dishare ke teman2 Mbak Sindu.. teorinya dulu tapi. Hehehe

      Delete