Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Sebagai calon ibu baru, kehamilan pertama merupakan hal yang saya nantikan sekaligus penuh kejutan. Meskipun sebelumnya saya merasa suda...

Review Glow Nurture Pregnancy Tracker


Sebagai calon ibu baru, kehamilan pertama merupakan hal yang saya nantikan sekaligus penuh kejutan. Meskipun sebelumnya saya merasa sudah membaca banyak buku dan artikel mengenai kehamilan, ternyata saat mengalami sendiri, banyak pertanyaan baru yang muncul. Menunggu jadwal kunjungan ke dokter atau bidan terasa cukup lama, sehingga ketika kakak sepupu saya memberikan link aplikasi kehamilan ini, saya langsung menyambutnya dengan bahagia.

Nama aplikasinya adalah "Glow Nurture Pregnancy Tracker". Buibu bisa mengunduhnya di play store. Beginilah tampilannya..


Tampilan aplikasinya setelah terpasang pada smartphone seperti di bawah ini..



Nah, sebelum mulai menggunakan aplikasi Glow Nurture, sangat disarankan bagi Buibu untuk melengkapi dahulu profilnya. Profil antara lain berisi hari perkiraan lahir (HPL) atau hari pertama haid terakhir (HPHT), urutan kehamilan (pertama, kedua, dst), tanggal lahir ibu, serta berat dan tinggi badan ibu. Uniknya, aplikasi ini juga bisa diinstall pada smartphone ayah, sehingga beliau dapat memantau dan ikut mengamati perkembangan si kecil dari hari ke hari.


Profil yang perlu diisi oleh ibu


Akun milik ayah pun dapat disinkronkan dengan aplikasi di gawai ibu.
Ya, pemantauan perkembangan janin benar-benar dapat dilakukan setiap hari. Saat kehamilan pertama, saya merasa blank. Sedikit sekali yang saya ketahui mengenai kehamilan. Pun ketika tiga bulan pertama kehamilan dipenuhi dengan bed rest karena flek, saya masih merasa clueless. Alhamdulillah aplikasi ini sangat membantu saya mengingatkan kapan harus kontrol ke dokter di luar jadwal rutin.

Belakangan diketahui bahwa flek yang saya alami karena anemia di masa pra kehamilan. Beruntung, saya bertemu dengan bidan yang sangat senang diajak berdiskusi, sehingga pertanyaan dan kebingungan calon ibu baru ini segera terjawab.

Tampilan medical log yang perlu diisi setiap kali selesai periksa di fasilitas kesehatan. Ada menu untuk mengunggah foto hasil USG juga lho..

Tampilan daily log yang perlu diisi setiap hari
Nah, setiap akan memeriksakan kehamilan ke fasilitas kesehatan, Buibu juga dapat mengunduh terlebih dahulu laporan yang berisi data kehamilan di aplikasi ini. Caranya, masuk ke profil di tab "more", kemudian klik "export PDF data report". Data akan dikirim ke alamat email yang Buibu pilih. Laporan ini nantinya dapat dikonsultasikan pada tenaga kesehatan.



Kelebihan Glow Nurture
(+) Sangat detail melaporkan perkembangan Si Kecil dari hari ke hari. Sebaliknya, ibu juga dituntut untuk melaporkan setiap progress kehamilannya melalui daily log. Termasuk mengingatkan kita untuk meminum vitamin dan obat (jika ada), berapa gelas air yang telah kita minum dalam sehari, serta mencatat berbagai keluhan yang kita alami seperti pegal, mual, dan keputihan.
(+) Dilengkapi dengan forum ibu hamil yang mengumpulkan para bumil dari berbagai negara di dunia. Kita bisa ikut aktif mengisi polling, atau sekedar membaca diskusi para ibu mengenai topik tertentu.
(+) Bagi pengguna berbayar (premium), bahkan memiliki akses tak terbatas untuk membaca artikel mengenai kehamilan dari sumber terpercaya.

Kekurangan Glow Nurture
(-) Buat saya pribadi, aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh para calon ibu baru yang sedang semangat-semangatnya menyimak setiap perkembangan janin. Tapi untuk kehamilan kedua dan seterusnya, ibu biasanya sudah tidak telaten mengisi daily log setiap hari. Hihihi..


#Day1
#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

0 comment(s):