Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Hari terakhir praktek komunikasi produktif bersama Ananda terasa menyenangkan. Fatha sangat kooperatif diajak bekerja sama. Berawal da...

Komunikasi Produktif Last Day


Hari terakhir praktek komunikasi produktif bersama Ananda terasa menyenangkan. Fatha sangat kooperatif diajak bekerja sama.

Berawal dari hobi baru Fatha saat menjelang tidur. Ia akan mencari posisi favorit di tepi tempat tidur dengan bagian pinggang hingga kaki menjuntai ke arah lantai. Kepalanya akan direbahkan di atas bantal dan tangannya menggenggam selimut kesayangannya.

Berkali-kali saya ingatkan ia untuk naik ke tempat tidur dan tidur dalam posisi yang saya anggap aman. Berkali-kali pula ia menggoda saya dengan senyuman lebar dan kembali pada posisi lamanya.

Kembali saya mengingat-kaidah kaidah komunikasi yang sekiranya dapat saya terapkan untuk kasus ini. Kali ini saya mencoba menjaga kalimat instruksi sesingkat dan sesederhana mungkin (KISS), mengendalikan intonasi suara, menggunakan suara ramah, serta memberikan pujian spesifik.

Saya berkata seramah mungkin, "Nak, ibu dongengi yuk. Sini tidur di samping ibu."

Ia mendekat ke arah saya.

"Nah, shalihnya anak ibu, mau mendengarkan saran ibu."

Fatha tertawa-tawa dan mulailah saya membacakan buku.

Ah, betapa anak saya sudah makin dewasa, bisa diajak berkomunikasi dengan baik. Alhamdulillah..

#hari17
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

1 comment:

  1. […] Hampir setiap kali instruksi yang saya gunakan dengan singkat dan sederhana.. Bagi anak dengan rentang konsentrasi yang masih terbatas seperti Fatha, cara ini cukup efektif. Intip cerita tentang K.I.S.S. pada hari ke-3, 8, 10, 12, 14, dan 17 […]

    ReplyDelete