Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Beberapa minggu terakhir ini Fatha semakin bersemangat menyusu. Setiap melihat wajah ibunya, kata-kata pertama yang langsung muncul dari m...

Melatih Kemandirian Day #12


Beberapa minggu terakhir ini Fatha semakin bersemangat menyusu. Setiap melihat wajah ibunya, kata-kata pertama yang langsung muncul dari mulutnya adalah "nenen". Dia akan langsung menggandeng saya, meskipun dalam kondisi baru pulang dari kerja yang notabene SOP rutin adalah mandi terlebih dahulu. Selanjutnya, ia menunjuk tempat tidur dan menginstruksikan, "bobok".

Tak lupa Fatha menarik selimut ungu favoritnya dan memposisikan diri untuk menyusu. Saat-saat seperti inilah yang kadang masih membuat saya dilema. DI satu sisi saya belum membersihkan diri, di sisi lain ingin segera menunaikan hak menyusu buat anak.

Jalan tengah yang saya ambil adalah merayunya untuk rela bersabar menunggu saya mandi kilat. Kadang berhasil, seringnya gagal :(

Hari kemarin, saya hitung selama 30 menit waktu istirahat kerja (30 menit sisanya untuk perjalanan pulang pergi), total Fatha meminta nenen 4 kali. Wow..

Sepertinya dalam waktu beberapa hari ke depan saya akan membuat kesepakatan dengan Fatha mengenai kewajiban saya minimal cuci tangan, kaki, dan wajah sebelum bermain dengannya.

Kembali pada topik melatih kemandirian, hari kemarin Fatha sudah makin bisa diandalkan untuk diberikan instruksi melepas pakaian dan meletakkannya ke dalam keranjang cucian. Kuncinya adalah memberikan pakaian yang cukup longgar serta mudah dilepas.

Ia juga sudah sering meminta sendok sendiri saat makan. Kadang jika sudah bosan, Fatha akan mulai gantian menyuapi saya atau Uti. Anak kecil memang paling jago menirukan.

#Harike12
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional

0 comment(s):