Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Level kedua tantangan Bunda Sayang sudah dimulai. Bulan ini tema yang telah ditentukan adalah "Melatih Kemandirian". Bagi Fatha y...

Melatih Kemandirian: Menentukan Tema Tantangan

Level kedua tantangan Bunda Sayang sudah dimulai. Bulan ini tema yang telah ditentukan adalah "Melatih Kemandirian". Bagi Fatha yang sebentar lagi menginjak usia 16 bulan, ada beberapa tema yang bisa kami pilih.

1. Toilet training (TT)
Sebelum usia 2 tahun idealnya toilet training sudah dituntaskan. Berdasarkan pengalaman teman-teman yang memulai TT pada usia >2 tahun, tantangannya jauh lebih besar karena anak sudah mulai memiliki banyak alasan.

Ketika saya diskusikan hal ini dengan Ayah dan Uti, kami sepakat untuk memulainya dalam waktu dekat, insyaAllah pada usia 18 bulan. Saat ini kami akan melengkapi dahulu peralatan yang dibutuhkan untuk TT, misalnya perlak dan training pants. Perlak yang kami miliki saat ini sudah tidak cukup untuk Fatha mengingat daya jelajahnya saat tidur saat ini sama luasnya dengan ukuran kasur.

2. Memilih pakaian sendiri
Sebenarnya selama beberapa bulan terakhir, kami sudah beberapa kali mempersilakan Fatha untuk menentukan sendiri pilihan berpakaiannya. Hanya saja belum konsisten. Memakai baju sendiri saat ini pun masih belum sepenuhnya bisa dilakukan karena Fatha masih sering teralihkan fokusnya dan lebih asyik bermain daripada ganti baju. Melepas pakaian cenderung lebih bisa dia lakukan karena lebih mudah dan mungkin Fatha rasakan lebih seru.

3. Merapikan mainan
Opsi lainnya adalah merapikan mainan setelah selesai dimainkan. Termasuk memungut kembali mainannya (atau benda apa pun) yang sering ia lempar keluar jendela kamar.

4. Makan sendiri
Proses makan bagi Fatha selama ini terlihat menyenangkan apabila melibatkannya secara aktif. Jadi selama ini kami menyiapkan dua buah sendok, satu untuk ia gunakan sendiri dan masih kami bantu menyuapkan makanan dengan sendok lainnya. Fatha juga sudah menunjukkan keinginannya untuk melakukan hal yang sama, menyuapi orang lain. Sebenarnya kami lihat ia sudah siap untuk makan sendiri, sehingga untuk fokus latihan kemandirian ini kami pilih poin yang lain. Tetap Fatha kami persilakan untuk berlatih makan sendiri dengan bantuan orang tua.

Menyapih tidak masuk hitungan saat ini karena kami sepakat memberikan hak ASI hingga 2 tahun.

Akhirnya setelah diskusi singkat, kami sepakat mengutamakan poin kedua, memilih pakaian sendiri, sebagai target jangka pendek. Jika memungkinkan, "merapikan mainan" akan kami jadikan opsi keduanya.

Aktivitas Fatha memilih pakaian hari pertama. Awalnya ibu langsung membukakan kontainer pakaian ya. Ternyata hasilnya kurang sesuai harapan. Fatha terlalu bersemangat sampai-sampai banyak potong pakaian yang ia hamburkan keluar wadah.

PicsArt_10-08-10.14.29.png

Ibu pun membatasi pilihan menjadi dua opsi, dan inilah hasilnya setelah ia kenakan seusai mandi pagi.

PicsArt_10-08-10.12.07.jpg

#Harike1
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional

1 comment:

  1. […] sudah ada kemajuan dari hari kemarin. Ia tidak lagi mengambil semua pakaian dari dalam kontainer dan membuangnya ke […]

    ReplyDelete