Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Menindaklanjuti kesalahan yang saya lakukan di hari kedua , malam kemarin saya "ngobrol" dengan Fatha. Sebelumnya, setelah sh...

Melatih Kemandirian Day #3: Memantapkan Hati

Menindaklanjuti kesalahan yang saya lakukan di hari kedua, malam kemarin saya "ngobrol" dengan Fatha.

Sebelumnya, setelah sholat maghrib, Fatha sempat terpeleset dan jatuh karena bekas pel yang masih basah. Saya sempat menyesal luar biasa dan menyalahkan diri sendiri. Perasaan bersalah itu kemudian mulai berkurang setelah saya meminta maaf padanya dan memeluknya.

Kembali pada "diskusi" saya dengan Fatha. Saya menyampaikan rencana latihan kemandirian pada Fatha,

"Nak, mulai besok, kita bekerja sama yuk. Sebelum mandi, Fatha lepas baju sendiri ya. Pilih baju sendiri.."

Saya memantapkan niat dengan latihan kemandirian kali ini. Hari kemarin selain belum memberikan informasi pada Fatha mengenai tantangan 10 hari, saya juga belum mantap dengan pilihan tantangan yang kami lakukan. Saya sempat berpikir, jangan-jangan Fatha belum siap dengan latihan ini. Jangan-jangan ia masih terlalu kecil untuk diajarkan memilih baju dan melapas pakaian sendiri.

Namun diskusi semalam teman-teman di grup WhatsApp menyemangati saya bahwa kita cukup memberikan kepercayaan pada anak, dan biarkan ia melakukan sendiri dengan pengawasan dan bimbingan. Jadi saya kembali membulatkan tekad untuk melatih Fatha masalah per-baju-an ini.

Alhamdulillah tadi pagi setelah bangun tidur, Fatha begitu kooperatif diajak memilih pakaian dan melepas baju sendiri. Saat ini ia masih membutuhkan bantuan untuk melepas kaos luar, namun ia sudah mahir melepas kaos dalam sendiri.

Good job, Nak..

Bonus kegiatan yang membuat saya bahagia hari ini: Fatha semangat makan sendiri meski awalnya masih sambil berdiri dan menggunakan tangan kiri ^.^;

PicsArt_10-09-10.43.00.jpg

Lagi-lagi komunikasi produktif harus kami praktekkan lagi,

"Nak, mari makan sambil duduk," dan ia pun mengikuti instruksi sambil menirukan, "duduk"

"Makan dengan tangan kanan, Nak," da  ia pun menggunakan kedua tangan untuk memegang tempe goreng favoritnya.

Terima kasih, Fatha :)

#Harike3
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional

1 comment:

  1. […] memantapkan hati mengenai pemilihan jenis latihan kemandirian untuk Fatha yang kemarin dan beberapa saat lalu sempat membuat saya galau, alhamdulillah mulai menunjukkan titik terangnya. Semua berawal dari […]

    ReplyDelete