Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Masalah memantapkan hati mengenai pemilihan jenis latihan kemandirian untuk Fatha yang kemarin  dan beberapa saat lalu sempat membuat saya ...

Melatih Kemandirian Day #9: Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP)

Masalah memantapkan hati mengenai pemilihan jenis latihan kemandirian untuk Fatha yang kemarin dan beberapa saat lalu sempat membuat saya galau, alhamdulillah mulai menunjukkan titik terangnya. Semua berawal dari keisengan saya memantau perkembangan Fatha melalui Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP).

Kuesioner ini memiliki dua bagian besar, yaitu bagian utama (penilaian perkembangan) dan cara melakukan stimulasi perkembangan pada anak. Oh iya, sebelum menggunakannya, kita harus memilih terlebih dahulu kategori usia yang sesuai bagi si kecil. Misalnya Fatha yang berusia 16 bulan cocok menggunakan penilaian perkembangan untuk usia 15 bulan. Sedangkan stimulasi perkembangannya menggunakan cara stimulasi untuk kategori usia 15-18 bulan.
Berdasarkan KPSP di atas, beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk menstimulasi kemampuan sosialisasi dan kemandiriannya adalah dengan membiarkan anak membuka bajunya sendiri dan memberi bantuan sesedikit mungkin. Selain itu anak bisa dilatih membereskan mainan dan membantu kegiatan di rumah. Awalnya dengan memberikan bantuan, sedikit demi sedikit biarkan ia melakukan sendiri.

Saya semakin yakin bahwa kesepakatan kami kemarin mengenai latihan kemandirian sudah cukup tepat. Kemampuan melepas baju sendiri memang sudah seharusnya dimiliki oleh anak seusia Fatha. Oleh sebab itu kami makin bersemangat melakukan latihan ini.

Hari kesembilan, Fatha sudah bisa lebih konsisten melepas pakaiannya meskipun kadang diikuti dengan lari-lari dan menjelajah kamar. Selain itu Fatha juga sudah mulai rajin meletakkan mainannya yang selesai digunakan ke dalam kotak mainannya walau harus dengan instruksi dari ibu.

PicsArt_10-15-01.14.42

#Harike9
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional

0 comment(s):