Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Mengenalkan anak usia dini untuk "melek literasi" sebenarnya tidak rumit. Pengenalan ini bisa dilakukan melalui kegiatan yang m...

Cerita di Balik Proyek Membaca Keluarga Fatha


Mengenalkan anak usia dini untuk "melek literasi" sebenarnya tidak rumit. Pengenalan ini bisa dilakukan melalui kegiatan yang menyenangkan dan dikemas dalam bentuk permainan, seperti proyek keluarga kami bulan ini.


Proyek diawali dengan merencanakan buku apa yang akan kami tamatkan selama tantangan 10++ hari. Pada perjalanannya, ada  buku yang bisa kami selesaikan sesuai target, ada pula yang sama sekali belum tersentuh. Bahkan ada buku yang justru tiba-tiba lebih menarik perhatian kami.

Apresiasi dalam wujud Pohon Literasi ternyata membangkitkan semangat kami bertiga. Ada rasa puas dan bahagia saat dalam satu hari ada satu helai daun yang berhasil ditambahkan.

Di akhir kegiatan, kami menghitung jumlah total daun yang berhasil "tumbuh". Fatha pun sudah bisa membandingkan mana daun yang mewakili buku bacaan Ayah, Ibu, maupun ia sendiri :)



Sepanjang perjalanan tantangan level ini, sebetulnya kami bertiga sama-sama menikmatinya. Sayangnya Ayah dan Ibu Fatha masih belum mahir manajemen waktu. Kadang kami terlewat tidak dapat mencontohkan konsistensi membaca buku. Dalam hal ketepatan jadwal membaca, Fatha memang juaranya. 

Atau ada juga saat-saat ketika Ibu sudah berhasil menambah bab atau jumlah buku, namun terlewat melaporkan atau sekadar menempelkan helaian daun.

Setelah dikroscek bersama kawan-kawan sekelas-senasib-seperjuangan, sebagian besar merasakan tantangan berat di level ini adalah manajemen waktu. Kapan harus meluangkan waktu membaca dan yang tak kalah penting: menulis laporan :)

Semoga kami berhasil menaklukkan tantangan bulan depan dan seterusnya dengan lebih baik lagi. Tetap semangat membaca semuanya..

Ps: bonus beberapa bloopers dan kejadian di balik kamera saat menjalankan game tantangan level 5



Rentang konsentrasi Fatha yang masih sangat singkat tak jarang memunculkan cerita lucu. Di saat ibu sudah semangat mengajaknya membaca buku, Fatha ingin segera mengakhirinya. Hehehe..



Atau saat perhatiannya teralihkan dengan objek lain ^^


#AliranRasa

#Tantangan10hari 

#GameLevel5  
#KuliahBunsayIIP 
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

1 comment:

  1. Masya Allah keren ini, kalau anakku paling seneng menggambar, jadi kalau diajak membaca pasti langsung nyorat nyoret buku bacaannya 😆😆

    ReplyDelete