Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Judul permainan kami hari ini memang terkesan horor: menaksir volume. Pada kenyataannya, saat dipraktekkan, ternyata menyenangkan. Pagi...

Menaksir Volume (Stimulasi Kecerdasan Logis-Matematika)

Judul permainan kami hari ini memang terkesan horor: menaksir volume. Pada kenyataannya, saat dipraktekkan, ternyata menyenangkan.

Pagi ini, sebelum mandi, Fatha diijinkan Ibu belajar matematika sembari bermain air.

Ibu sudah menyiapkan satu ember berisi air, mug, cangkir, dan mangkok yang berbeda ukuran. Sebelum menyerahkan gayung ke tangan Fatha, Ibu menjelaskan bahwa ketiga tempat minum tadi berbeda ukuran. Ada yang paling kecil, sedang, dan besar. Kemudian Ibu meminta Fatha menuang air ke dalam wadah satu persatu.

Dimulai dari cangkir yang berukuran paling kecil. Air dalam cangkir kemudian dipindahkan ke dalam mug yang lebih besar. Ternyata isinya belum penuh. Fatha harus menambah lagi air ke dalamnya sehingga terisi penuh. 

Sebaliknya, ketika air dituangkan ke dalam mangkok plastik hingga batas atas, kemudian dipindahkan ke dalam cangkir, ternyata airnya luber. Artinya kemampuan menampung air cangkir lebih sedikit daripada mangkok.




Kami pun bereksperimen dengan wadah yang berbeda. Permainan berakhir saat air di dalam ember habis dan tiba waktunya Fatha mandi.

Rupanya setelah selesai mandi dan berpakaian, Fatha masih merajuk ingin melanjutkan permainan sebelumnya.

"Kakak kan sudah mandi. Sekarang kita ganti airnya dengan bola saja. Main bola yuk," rayu Ibu.

Fatha bersedia.


Kami bermain dengan tiga ukuran wadah plastik. Fatha bertugas memperkirakan seberapa banyak bola yang harus dituang untuk memenuhi wadah besar, sedang, dan kecil.


Beberapa kali Fatha menumpahkan bola keluar wadah.


"Itu artinya tempatnya terlalu kecil, Nak. Coba dikurangi bolanya, atau diganti wadahnya," usul Ibu.


Alhamdulillah hari ini Fatha sudah belajar tentang ukuran kecil, sedang, dan besar.


#Harike13
#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic

1 comment:

  1. Seru ya...teman-teman yang lain juga paling seru main air

    ReplyDelete