Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Pertengahan minggu, biasanya Fatha meminta saya untuk menghubungi Ayah. Saat ini Fatha memiliki panggilan sayang baru kepada ayahnya. Jika...

Gaya Belajar Anak Day #3


Pertengahan minggu, biasanya Fatha meminta saya untuk menghubungi Ayah. Saat ini Fatha memiliki panggilan sayang baru kepada ayahnya. Jika sebelumnya ia memanggil atau menyebut kata "ayah" dengan manis, beberapa hari terakhir ini ia selalu memanggil ayahnya dengan sebutan "Pak Andi" :)

Seperti semalam, ia meraih tablet saya dan menyebut-nyebut nama ayahnya, tanda ia sudah ingin melakukan panggilan video dengan Sang Ayah. Kesempatan untuk mencoba mengajaknya belajar menggunakan gawai dalam batasan yang diperbolehkan untuk anak di bawah usia 2 tahun. Sesuai aturan dalam keluarga kami, gawai hanya diijinkan untuk digunakan Si Kecil saat melakukan panggilan video atau swafoto. Alasannya karena kedua aktivitas tersebut masih memerlukan komunikasi dengan orang lain atau menggunakan ekspresi wajah sehingga Fatha tidak hanya terpaku pada layar semata.

Saya membuka kunci layar, membuka aplikasi facetime dan menunjukkan padanya cara melakukan panggilan yaitu dengan menekan tombol "call". Fatha memperhatikan baik-baik gerakan tangan saya dan segera mampu menirukannya. Saat panggilan berlangsung, saya amati Fatha memandang wajah ayahnya dengan fokus dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh ayah.

"Sudah makan, Nak?", tanya ayah.

"Sudah", jawab Fatha.

"Makan apa tadi?", ayah melanjutkan.

"Ikan," kembali Fatha menjawab.
Panggilan video sedang berlangsung




Percakapan Fatha dengan ayahnya banyak diwarnai dengan wajah ekspresih dan gerakan-gerakan tubuh seperti meletakkan kedua tangan di pipi tanda manja atau mencium ayah di layar tablet tanda sayang.

Cara Fatha memperhatikan langkah tutorial melakukan panggilan video membuat saya berkesimpulan bahwa ia memang tipe pembelajar visual. Sedangkan caranya mengekspresikan bahasa cintanya, termasuk melalui ciuman jarak jauh terhadap ayahnya, dan bagaimana ia berbicara dengan bahasa tubuh menunjukkan ia juga memiliki gaya belajar kinestetik.






#harike4
#Tantangan10hari
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP
#GameLevel4

0 comment(s):