Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Hari libur ini saya ingin mengajak Fatha mengembangkan motorik halusnya melalui kegiatan menggambar. Kami berdua pun menyiapkan alat-alat ...

Gaya Belajar Anak Day #5


Hari libur ini saya ingin mengajak Fatha mengembangkan motorik halusnya melalui kegiatan menggambar. Kami berdua pun menyiapkan alat-alat yang diperlukan, yaitu buku gambar dan krayon. Awalnya saya mengajaknya menggunakan meja sebagai alas gambar, namun Fatha lebih memilih lesehan tanpa tikar.

Baiklah. Kegiatan menggambar dimulai. Setelah berdoa bersama, kami pun menggelar buku gambar dan mulai membuka kotak krayon. Saya mencontohkan padanya bagaimana mengambil kraton dari kotaknya dan menggoreskan warna-warna pada permukaan buku gambar. Tiada berapa lama, Fatha sudah asyik dengan kotak krayonnya. Ia membongkar pasang isinya.



Lalu semua isi krayon ditumpahkannya ke lantai. Saya bertanya padanya, 

"Kakak masih ingin menggambar? Yuk kita warnai lagi kertasnya," Fatha menggelengkan kepalanya dan justru asyik dengan batang-batang krayonnya. 

Saya mengikuti keinginan Fatha dan kami melanjutkan aktivitas masing-masing. Saya menggambar di atas buku gambarnya, Fatha membantu saya mengambilkan warna kraton yang saya butuhkan. Memang belum tepat benar seperti instruksi saya. Misalnya saya meminta krayon berwarna biru, ia mengambilkan warna merah. Saya memaklumi karena Fatha belum terlalu mengenal warna. Saya pikir, aktivitas ini pun menjadi salah satu caranya belajar tentang warna. Pelan-pelan ya Nak..







Ketika akhirnya saya lihat Fatha sudah mulai bosan dengan kegiatan ini, saya mengajaknya merapikan peralatan gambarnya,

"Yuk Kak, kita bereskan krayon-krayonnya", ajak saya. Fatha mengangguk dan menjawab,

"Yuk," ia pun bangkit dari duduknya dan mengambil sapu. Saya mengawasinya sambil menahan tawa. Dalam pikirannya, "membereskan" dan "merapikan" identik dengan kegiatan menyapu, mengelap, maupun mengepel.




Saya membiarkannya beberapa saat dengan sapu. Setelah mengucapkan terima kasih, saya kemudian memintanya meletakkan sapunya.

"Kak, karena krayonnya masih akan kita gunakan besok, mari kita masukkan ke dalam kotaknya," Fatha pun menurut.







Kami pun mengakhiri aktivitas bersama pagi ini dengan beberes dan mengucapkan Alhamdulillah.

Hasil pengamatan saya mengenai cara Fatha belajar pagi ini, ia menggunakan gaya belajar yang dominan kinestetik diikuti visual yang ditandai dengan caranya menggunakan seluruh anggota tubuhnya.





#harike6
#Tantangan10hari
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP
#GameLevel4

0 comment(s):