Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Pagi hari jika Fatha bangun cukup pagi, biasanya kami berdua akan bermain bersama terlebih dahulu sebelum menjalankan aktivitas lainnya. ...

Gaya Belajar Day #4


Pagi hari jika Fatha bangun cukup pagi, biasanya kami berdua akan bermain bersama terlebih dahulu sebelum menjalankan aktivitas lainnya. Hari kelima tantangan, saya menawarkan padanya "bermain-main" dengan sepeda motor. Pasalnya sehari sebelumnya saat Om Adhit pulang, Fatha sudah sangat bersemangat mendekati kendaraan Om Adhit.

Pagi itu saya mengajaknya mempelajari gambar kendaraan bermotor beroda dua tersebut melalui ensiklopedia. Saya membantu Fatha membuka halaman sesuai tema yang akan kami pelajari. Matanya fokus tertuju pada objek gambar sementara saya membacakannya bagian demi bagian komponennya.






Konsentrasinya terhadap gambar pada ensiklopedia tidak bertahan lama. Tiada berapa lama Fatha mengajak saya keluar rumah. Ia menggandeng tangan saya dengan tangan satunya memegang kunci motor dan menuju sepeda motor yang sedang diparkir di teras. Fatha mengajak saya memasukkan anak kunci ke dalam lubang kunci motor. Setelah berhasil, ia meminta saya menstarter mesinnya dengan kode, "brrrm brrrm", sambil memeragakan kedua tangannya seakan-akan memegang stang.

(ilustrasi) Fatha mencoba menstarter motor. Saya tidak bisa mengambil gambar sebenarnya karena kami hanya berdua saat ia mengajak menyalakan mesin sepeda motor.




Jika diperhatikan lagi, gaya belajar Fatha cenderung ke arah visual kinestetik. Ia dapat dengan mudah fokus terhadap stimulasi visual tertentu (dalam hal ini gambar sepeda motor). Akan tetapi jika ada kesempatan, Fatha sangat senang menyentuh objek yang sedang dipelajari dan menirukan apa yang orang tua atau orang lain peragakan.






#harike5
#Tantangan10hari
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP
#GameLevel4

0 comment(s):