Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Senin pagi, saatnya Pak Suami kembali ke kota lain untuk bekerja. Fatha sudah menampakkan "Wajah Hari Senin": ekspresi datar kare...

Komunikasi Produktif Day #10

Senin pagi, saatnya Pak Suami kembali ke kota lain untuk bekerja. Fatha sudah menampakkan "Wajah Hari Senin": ekspresi datar karena belum rela ditinggal ayah ibunya bekerja.

Seperti biasa, ibu berangkat lebih dahulu ke kantor sehingga hanya mendengar cerita bagaimana ia menyambut Hari Senin-nya dari ayah dan utinya.

Alhamdulillah saat istirahat siang, saya bisa menyempatkan pulang untuk bermain dengan Fatha sejenak dan menyusui. Ia berteriak kegirangan dan berlari menuju pelukan ibunya dengan senyuman.

Saya menunjukkan empati dengan berucap, "Fatha senang ya ibu sudah pulang? Ibu juga senang bisa ketemu lagi dengan anak shalih."

Dijawabnya dengan naik ke gendongan saya dan berujar singkat, "nenen.."

Spontan saya tertawa geli.

Setelah menunaikan haknya, saya memberikannya informasi bahwa kami bisa bermain sebentar. Selanjutnya saya harus kembali ke kantor.

Fatha mengantarkan saya kembali bekerja dengan lambaian tangan tanpa beban, "dadaaaa"

Alhamdulillah..

Sorenya sepulang kembali ke rumah, saat tiba waktu Maghrib, saya kembali mendapat kejutan manis. Fatha menarik-narik sarung ayahnya dan membawanya ke arah saya yang baru saja selesai sholat. Ia mengalungkan sarung di lehernya seraya menirukan gerakan sujud.

Saya bertanya, "Adek mau sholat? Yuk ibu bantu memakai sarungnya."

Setelah sarung terpasang, Fatha menirukan gerakan sujud kembali sambil membaca kalimat takbir versinya, "Allahuaba."

IMG-20180924-WA0065.jpg

"Masya Allah, shalihnya anak ibu. Sudah pintar sholat," pujian saya dijawab dengan tawa Fatha.

Praktek empati, keep the information short and simple (k.i.s.s), serta pujian spesifik hari kesepuluh berujung manis :)

Alhamdulillah

#hari10
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

2 comments:

  1. Alhamdulilah 10 hari done...

    ReplyDelete
  2. […] terbatas seperti Fatha, cara ini cukup efektif. Intip cerita tentang K.I.S.S. pada hari ke-3, 8, 10, 12, 14, […]

    ReplyDelete