Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Hari ke hari, saya semakin menikmati praktek komunikasi produktif, terutama bersama Fatha. Saat kemarin pulang dari kantor, Fatha sudah dal...

Komunikasi Produktif Day #12: Keep Information Short and Simple

Hari ke hari, saya semakin menikmati praktek komunikasi produktif, terutama bersama Fatha. Saat kemarin pulang dari kantor, Fatha sudah dalam kondisi bersih dan kenyang (terima kasih Uti, sudah bersedia dititipi Fatha selama ibu bekerja :) ).

Saat saya meletakkan tas di kamar, Fatha mengikuti dan lebih dulu naik ke atas tempat tidur. Ia menarik selimut ungu kesayangannya sambil memposisikan diri untuk menyusu sambil menatap saya.

"Nenen, ayo," ujarnya. Saya bertatapan mata dengan Uti dan kami berdua tertawa.

"Tunggu ibu mandi dan ganti baju ya Nak," jawab saya.

Alhamdulillah Fatha sudah menghabiskan makan malamnya sehingga ia bersedia menunggu dengan tenang. Saya menyegerakan mandi, kemudian serah terima Fatha dengan Uti dilaksanakan.

Malam itu saya memiliki kewajiban membongkar jahitan kemeja Fatha agar bisa nyaman dipakai saat kondangan akhir pekan ini. Saya meminta bantuannya agar kooperatif. Saya mentargetkan dapat memberikan instruksi sesederhana dan sesingkat mungkin sehingga Fatha dapat memahami dan mematuhi.

"Nak, temani ibu menjahit ya. Fatha boleh main-main di dekat ibu," ia pun mendekat.

"Duduk, duduk," ujarnya meminta ijin duduk di samping saya.

Saya menyelesaikan jahitan baju dan sesekali meminta bantuannya. Instruksi tetap saya sampaikan dalam satu kalimat tunggal.

"Nak, tolong ambilkan benang yang warna hitam," saya menatap mata Fatha. Fatha beranjak dari tempat duduknya dan mengambilkan benang dari meja di dekatnya.

"Ini?" tanyanya mengkonfirmasi. Saya mengangguk mengiyakan dan segera berterima kasih saat benang sudah ia serahkan.

Malam itu saya merasa Fatha sangat kooperatif dengan instruksi-instruksi singkat yang saya berikan. Terima kasih banyak Nak. Ibu bahagia sekali hari ini :)

Praktek K.I.S.S. kemarin, done. Alhamdulillah.

#hari12
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional



2 comments:

  1. Alhamdulilah...menyenangkan sekali....

    ReplyDelete
  2. […] seperti Fatha, cara ini cukup efektif. Intip cerita tentang K.I.S.S. pada hari ke-3, 8, 10, 12, 14, […]

    ReplyDelete