Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Sepekan sudah komunikasi produktif saya coba praktekkan. Memang hasilnya masih beragam, kadang sukses, tak jarang masih belum terlihat manf...

Komunikasi Produktif Day #7: Bedtime Story

Sepekan sudah komunikasi produktif saya coba praktekkan. Memang hasilnya masih beragam, kadang sukses, tak jarang masih belum terlihat manfaatnya. Namun sejak mengubah mindset dengan makin mengarah pada positive thinking, alhamdulillah saya merasa ikatan dengan anak maupun pasangan terasa makin kuat. Hemat energi makin bisa dirasakan semenjak saya makin jarang marah-marah dan berteriak :)

Seperti semalam, Fatha masih penuh energi bermain-main dan berlarian di dalam rumah. Padahal waktu sudah menunjukan pukul 19.30, saatnya Fatha harus tidur. Saya memberikannya pilihan, "Mau tidur sekarang atau mau dibacakan buku dulu, Nak?"

Fatha berlari masuk kamar dan mengambil salah satu buku ceritanya.

Saya kembali mengajaknya ke kamar mandi untuk ritual bebersih dan langsung menuju kamar tidur.

Buku yang dipilih Fatha adalah mengenai menanamkan keberanian untuk tidur sendiri. Mengingat di usia 1 tahun ini rentang konsentrasi Fatha masih sekitar 1 menit, jadi saya tidak memasang target untuk membaca buku sesuai tulisan. Kami menyimak gambar pada buku bersama-sama sambil sesekali Fatha menunjuk salah satu gambar, menyebut namanya, dan bertanya.

2018-09-22 05.21.27.jpg

Dia sudah mampu menyebut beberapa objek gambar pada buku, seperti bola, gajah, (ku)cing, (pes)awat, bobok, dan (seli)mut. Jadi dongeng saya berkisar pada objek-objek tersebut.

Alhamdulillah malam tadi Fatha bisa tidur sesuai jadwal dan tanpa drama. Praktek komunikasi produktif "mengubah perintah menjadi pilihan" berhasil 😄

#hari7
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

3 comments:

  1. Jadi kaidah yang digunakan dalam komprod kali ini adalah merubah perintah menjafi pilihan (bisa ditambah penekanan seperti ini mbak Nita)

    ReplyDelete
  2. […] Selain memberikan instruksi, ada kalanya saya ingin meminta pendapat pada Fatha. Mengingat usianya masih cukup muda, pendapatnya saya dapatkan dengan cara memberikan pilihan sempit, hanya 2 pilihan. Cerita lengkapnya dapat dilihat di sini. […]

    ReplyDelete