Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Hari keempat, praktek komunikasi produktif terasa lebih menantang. Pasalnya emosi si ibu sedang kurang stabil. Memang benar, lapar merupaka...

Komunikasi Produktif Day #4: Kendalikan Emosi

Hari keempat, praktek komunikasi produktif terasa lebih menantang. Pasalnya emosi si ibu sedang kurang stabil. Memang benar, lapar merupakan salah satu pemicu ketidakseimbangan emosi ibu :)

Sepulang dari kantor, saya menyempatkan periksa kondisi gigi ke dokter gigi terlebih dahulu. Seusai perawatan, saya belum diperbolehkan makan atau berkumur hingga 30 menit, padahal perut sudah minta diisi.

Sampai di rumah, sesuai aktivitas rutin, saya membiasakan diri mandi atau setidaknya mencuci tangan, kaki, dan wajah serta mengganti baju sebelum bermain dengan Fatha.

Kemarin, karena dirasa Fatha sang ibu sudah terlalu lama meninggalkannya, ia tak sabar ingin segera memeluk ibunya. Saya refleks menghindar dan berpamitan ke kamar mandi. Fatha tidak rela dan mengejar saya sampai ke depan kamar mandi sambil berteriak memanggil, "mbu..mbu."

Saya menjawab dengan teriakan dari dalam kamar mandi untuk membuatnya sabar menunggu. Beberapa saat setelahnya, ketika pikiran sudah jernih, saya menertawakan kebodohan itu. Bagaimana bisa meminta anak menunggu dengan sabar jika ibunya saja berteriak-teriak dari kejauhan.

Saya menyegerakan bebersih badan dan berganti baju kemudian segera menemuinya. Saya meminta maaf karena membuatnya menunggu lama dan memeluknya. Sambil berintrospeksi, lain waktu jika saya harus pulang terlambat, saya bisa mencuci tangan dan kaki di luar rumah terlebih dahulu, kemudian segera menemui Fatha. Baru setelah minta ijin, saya bisa mandi dengan tenang.

Di samping kisah kurang sukses di atas, ada satu cerita yang menyenangkan kemarin. Malamnya saat Fatha bermain bersama saya dan menemukan ada sampah plastik di lantai, ia memungutnya dan berujar, "bua..bua.."
Sambil menarik tangan saya, ia berjalan ke arah tempat sampah dan membuangnya.

Masya Allah, satu pelukan saya berikan sebagai ucapan terima kasih.

#hari4
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

0 comment(s):