Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Praktek komunikasi produktif hingga hari keenam masih menjadi ajang bagi saya melatih konsistensi. Selain berupaya mengendalikan emosi, say...

Komunikasi Produktif Day #6: Belajar Berempati

Praktek komunikasi produktif hingga hari keenam masih menjadi ajang bagi saya melatih konsistensi. Selain berupaya mengendalikan emosi, saya masih belajar menepati kaidah komunikasi produktif terhadap anak.

Saat makan malam, Fatha berulang kali menolak membuka mulut, apalagi menyuapkan makanannya sendiri. Saya berusaha merayunya untuk mau mencicipi sayurnya. Berulang kali Fatha menolak dan meminta "nenen".

Saya tegaskan, "Makan dulu ya Nak. Boleh nenen setelah makan".
Fatha tidak mau menerima kata-kata saya. Ia mulai merajuk dan mengeluarkan tangisannya.

Saya melakukan kroscek kepada Uti Fatha. Ternyata sore setelah mandi, Fatha sudah menghabiskan beberapa porsi makanan: kue mangkok, satu ekor ikan mujair, satu buah pisang.

OK, baiklah :D

"Fatha sudah kenyang ya Nak? Maafkan ibu sudah memaksa makan ya. Yuk, sekarang cuci tangan kaki, lalu nenen", ujar saya kemudian, mencoba berempati.

Dan benar saja, tak lama setelah menyusu, Fatha pun terlelap.

20180920_201001.jpg

Saya sedikit merasa bersalah karena sempat memaksanya makan, namun kemudian perasaan itu saya tepiskan. Bagaimanapun, hari ini saya sudah berusaha untuk lebih mengendalikan emosi agar tidak langsung marah-marah dan memaksakan makanan masuk ke mulutnya.

#hari6
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

3 comments:

  1. Keren mbak nita, yang terpenting ibu selalu sadar dengan apa yang diucapkannya, semoga selalu istiqomah dalam meningkatkan kemampuan komprod, klo masalah makan sepertinya menjadi tantangan banyak ibu hehehe

    ReplyDelete
  2. Aamiin ya Allah.. terima kasih Mbak Sindu..
    Tetap sadar dan harus berpikir jernih berarti ya
    Sambil berdoa, anaknya bisa makan selahap ibunya
    Hehehe

    ReplyDelete
  3. […] yang muncul dari hati, biasanya akan mengena di hati.  Saya mempraktekkan hal ini di hari ke-3, 6, 10, 11, […]

    ReplyDelete