Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Manajemen emosi masih menjadi isu penting bagi saya hingga hari kelima. Ketika Fatha beranjak turun dari tempat tidur dengan cara yang ...

Komunikasi Produktif Day #5: Pujian Spesifik

Manajemen emosi masih menjadi isu penting bagi saya hingga hari kelima.

Ketika Fatha beranjak turun dari tempat tidur dengan cara yang menurut saya kurang aman, spontan saya berteriak. Namun kali ini saya menyadari kesalahan lebih cepat. Buru-buru saya kendalikan volume suara. Selanjutnya saya alihkan perhatian Fatha dengan mencontohkan posisi turun dari tempat tidur di sisi yang aman sambil terus mengajaknya bercerita.

Alhamdulillah Fatha kemudian mengikuti langkah saya.

Hari ini, selain menargetkan bisa menguasai kontrol intonasi suara serta mengatakan yang diinginkan alih-alih yang tidak diharapkan, saya mencoba menyampaikan pujian secara spesifik.

Kesempatan itu tiba ketika Fatha ingin segera menuntaskan makan malamnya, padahal nasi pada piringnya belum habis. Saya membuat negosiasi dengannya, "Makan 3 suap lagi, lalu kita cuci muka dan tidur ya Nak".

Tanpa beban, Fatha menghabiskan suapan terakhirnya dan mengikuti saya ke kamar mandi.

2018-09-20 00.06.38-01

Selain mengucapkan terima kasih, saya juga menyampaikan pujian, "Ibu senang, anak ibu bertanggung jawab menghabiskan makannya. Terima kasih sudah mau bekerja sama, Nak."

Bonus satu pelukan untuk Fatha dari ibunya :)

#hari5
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

1 comment:

  1. […] mereka, anak merasa lebih diperhatikan. Praktek mengenai poin ini kami lakukan di hari ke-2, 3, 5, […]

    ReplyDelete