Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Konsep pertumbuhan tanaman menjadi salah satu pokok bahasan mata kuliah "struktur dan perkembangan tumbuhan" Ibu dulu. Tak disang...

Biology 101 (Semua Anak adalah Bintang)

Konsep pertumbuhan tanaman menjadi salah satu pokok bahasan mata kuliah "struktur dan perkembangan tumbuhan" Ibu dulu. Tak disangka, kali ini ide mengulang praktikum tersebut muncul setelah kami menyantap habis satu buah srikaya.

Banyak biji srikaya yang berhasil dikumpulkan. Daripada terbuang sia-sia, percobaan mengecambahkan biji tersebut kami lakukan. Berbekal sebuah cawan, biji kami "rendam" dalam kapas basah. Setelah ditutup dengan lap, cawan diletakkan dalam tempat yang jauh dari jangkauan sinar matahari.

Rencananya, pengamatan akan kami lakukan beberapa hari lagi. Semoga biji srikaya kami tumbuh sehat.


Selain bereksperimen dengan biji srikaya, pagi harinya Fatha berinisiatif menyiram tanaman di halaman rumah Yangyut. Ia juga mendengarkan penjelasan sederhana tentang proses fotosintesis.

"Tumbuhan butuh air untuk untuk memasak makanannya. Seperti halnya Kak Fatha butuh minum air putih dan nenen buat tumbuh."

Kami belum menjelaskan dengan detail bahwa sinar matahari dan karbondioksida dibutuhkan untuk proses ini. Mungkin di kesempatan berikutnya. Hehehe..

Kedua aktivitas ini membuat Fatha bersinggungan dengan alam, sehingga kecerdasan naturalisnya bisa diasah.

#Harike10
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

0 comment(s):