Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Setiap anak yang terlahir hebat. Tuhan tak pernah menciptakan produk gagal. Setiap anak yang hadir di dunia ini sudah dilengkapi dengan berb...

Semua Anak adalah Bintang

Setiap anak yang terlahir hebat. Tuhan tak pernah menciptakan produk gagal. Setiap anak yang hadir di dunia ini sudah dilengkapi dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya.

Tugas orang tua adalah memantaskan diri untuk menjadi fasilitator bagi perkembangan Sang Anak. Orang tua perlu mencari tahu hal-hal apa sajakah yang menjadi kesukaan anak dan hal-hal yang menjadi potensi anak.

Ibu profesional mengajarkan istilah "membuat/meninggikan gunung, bukan meratakan lembah". 

Artinya, Segala hal yang menjadi potensi dan kelebihan anak harus diasah sehingga anak menjadi hebat di bidangnya, bukan justru memaksa anak menguasai hal yang bukan menjadi kelebihan atau passion-nya.

Melalui pendidikan berbasis fitrah, anak diberi kesempatan untuk melakukan sebanyak mungkin aktivitas dan kegiatan. Orang tua mencatat kegiatan mana yang dikerjakan anak dengan bahagia dan mata berbinar-binar. Kegiatan-kegiatan inilah yang nantinya menjadi portofolio anak dan memudahkan orang tua menemukan potensi anak.

Tantangan Bunda Sayang Level 7 mengajak orang tua melakukan aktivitas, permainan, atau proyek keluarga bersama Si Kecil dan mengabadikannya dalam catatan portofolio. Hari pertama, Ibu menemukan Fatha sedang asyik bermain bola bersama Om Irwan. Ibu ingat bahwa bermain bola dan berbagai aktivitas fisik lainnya sedang menjadi kegemaran Fatha. Kesempatan Ibu untuk mengamati baik-baik segala perilaku, ekspresi, dan bahasa tubuh Fatha.


Ibu sering berseloroh pada Fatha, "Kakak suka sekali olahraga atletik ya? Lari-lempar-lompat."

Padahal maksud ibu dalam hati, Fatha sedang dalam fase suka berlari-lari ketika disuruh ibu mandi atau makan; melempar-lempar bola, mainan, atau benda apapun yang ia temukan; serta memanjat perabot dan melompat dari atasnya. Hehehe :)

Kesempatan bagi ibu, menambahkan segala macam kegiatan penuh energi dalam daftar kegiatan Fatha beberapa hari ke depan. Setidaknya ibu sudah menemukan beberapa hal yang Fatha sukai saat ini. Tentunya hal ini perlu diimbangi dengan beberapa macam kegiatan yang juga menuntut konsentrasi dan menstimulus motorik halusnya.

Referensi:
Materi Kuliah Bunda Sayang Ibu Profesional
Dodik Mardiyanto dan Septi Peni Wulandani. Pandu 45. Panduan Melihat Potensi Kekuatan Anak melalui Beragam Aktivitas. https://www.ibuprofesional.com/product-page/ebook-pandu-45
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

0 comment(s):