Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

"Halo-halo Bandung.. Ayo Ibu nyanyi," Fatha menarik tangan saya suatu siang. Ia menggenggam ujung selimut dan dan mengarahkan...

Lihat Aku, Ibu (Semua Anak adalah Bintang)


"Halo-halo Bandung.. Ayo Ibu nyanyi," Fatha menarik tangan saya suatu siang. Ia menggenggam ujung selimut dan dan mengarahkannya ke mulut saya. Spontan, saya ikut menyanyi seakan-akan di hadapan mikrofon, menirukan kata-kata dan gayanya.

Fatha berusia 22 bulan saat ini. Ia sedang gemar bernyanyi. Belasan lagu anak, perjuangan, dan lagu-lagu earworm macam "Sayur Kol" sering terdengar mengalun dari bibirnya. Tak jarang, di tengah aktivitas bermain, ia mendendangkan potongan-potongan lirik tersebut.

Berbekal materi Bunsay Level 7, saya makin peka terhadap tingkah lakunya. Hal-hal kecil yang ia gemari tercatat dalam portofolio-nya. Termasuk kegemarannya saat ini, gerak dan lagu.

Mengikuti ke mana minat si kecil menjadi salah satu strategi pembelajaran yang kami lakukan. Seperti filosofi "membuat atau meninggikan gunung, bukan meratakan lembah", orang tua harus belajar tanggap terhadap tanda-tanda yang diberikan oleh buah hati tercinta.

Saat ini pendekatan melalui musik atau suara serta permainan yang melibatkan banyak gerakan sangat efektif untuk Fatha belajar. Ia mampu menguasai banyak hal mulai dari kemandirian hingga fitrah spiritual melalui berbagai hal yang menyenangkan menurutnya.

Mengamati gerakan sholat berjamaah para bapak, misalnya. Dengan senang hati Fatha akan menirukan. Atau mengenal bacaan-bacaan surat pendek sehingga ia familiar.

Memperkenalkan dengan banyak aktivitas juga merupakan salah satu strategi untuk mengenali minat dan bakat Si Kecil. Semakin dini terdeteksi, maka peluang untuk mengembangkan minat dan bakat tersebut akan semakin besar. Walau tak jarang pada usia yang lebih besar, anak akan menunjukkan perubahan minat.

Yang jelas hingga level 7 ini baik Fatha, Ibu, maupun Ayah masih sama-sama menikmati tantangan demi tantangannya. Semakin banyak kegiatan spontan maupun proyek keluarga yang dilakukan, maka kedekatan kami pun terasa makin kuat.

Terima kasih, Ibu Profesional..

#AliranRasa
#Level7
#Bunsay4

0 comment(s):