Home Top Ad

Responsive Ads Here

Search This Blog

Hari libur ini, Uti berencana membuat onde-onde untuk cemilan kami semua. Kesempatan bagi kami untuk memberikan media sensory play bagi Fat...

Membuat Onde-onde (Semua Anak adalah Bintang)

Hari libur ini, Uti berencana membuat onde-onde untuk cemilan kami semua. Kesempatan bagi kami untuk memberikan media sensory play bagi Fatha. Setelah tepung beras dan bahan-bahan lainnya tercampur dan menjadi adonan yang siap dipulung, Fatha dipersilakan untuk bereksplorasi.

Selain adonan biasa berwarna putih, kami sudah menyiapkan pewarna makanan berwarna hijau untuk menarik minat Fatha menguleni si bakal onde-onde. Memang, adonan onde-onde tidak semestinya diuleni berlebihan. Akan tetapi karena tujuan kegiatan ini adalah mengajarkan Fatha bermain "masak-masakan", maka tidak ada patokan pasti cara memasaknya. Hehehe..

Ternyata Fatha masih merasa tidak nyaman menyentuh adonan lengket dan basah. Ia terlihat jijik saat diminta membentuk bulatan-bulatan onde-onde. Berbeda ketika onde-onde sudah selesai digoreng, Fatha dengan wajar memindah-mindahkannya ke dalam wadah. Mungkin lain waktu Ibu akan mengajaknya melakukan sensory play dengan bahan lain yang lebih menarik baginya. Puding atau agar-agar, misalnya.


Ketidaksukaan Fatha membuat onde-onde tidak berarti bahwa Fatha tidak suka aktivitas memasak. Jika pagi hari Ibu atau Uti memasak sarapan dan makan siang, ia selalu terlihat bersemangat mengamati dan mengajukan pertanyaan. Suatu malam menjelang tidur, bahkan Fatha pernah bercerita pada ibu tentang langkah-langkah memasak telur, mulai dari "tuk-tuk", telur dipecah, telur dimasukkan wajan, hingga telur digoreng. Artinya, ada kemungkinan pula Fatha tertarik dengan proses sintesis suatu masakan.

#Harike5
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

0 comment(s):